jump to navigation

Safety Riding: Cara Bijak Menyayangi Diri Anda 16 Januari 2011

Posted by Brotoadmojo in Kontes.
Tags: , ,
trackback

Banyak orang yang tidak begitu memperhatikan bagaimana caranya berkendara secara aman dan nyaman. Sebagian masih beranggapan bahwa aturan yang dibuat hanyalah sesuatu yang membebani, padahal kalau mau di fikir secara bijak, setiap aturan berkendara yang dibuat adalah demi kenyamanan dan keamanan si pengendara. Keamanan berkendara (Safety Riding) masih menjadi sesuatu yang dianggap cukup hanya dengan mengetahuinya saja, dan tidak terlalu penting untuk di lakukan. Sebuah anggapan yang salah dan terlalu membahayakan. Saya contohkan kasus kecelakaan di bawah ini:

Pada tikungan jalan itu, nampak dua sepeda motor dari arah berlawanan saling bertabrakan dan mengakibatkan korban mengalami luka yang cukup serius. Seorang perempuan mengalami luka pada kepala dan tangannya. Dua orang laki-laki masing-masing mengalami luka pada kaki dan tangannya.

Saksi mata yang melihat kejadian tersebut mengatakan bahwa sebelum kejadian terlihat sepasang muda-mudi tersebut tengah asik bercanda, mereka tidak menggunakan helm maupun jaket, sedang dari arah berlawanan nampak seorang laki-laki tengah memegang HP dan sepertinya sedang menulis SMS. Akhirnya, di tikungan tersebut mereka saling bertabrakan akibat kelalaian dan ketidak hati-hatian mereka.

Dari cuplikan cerita diatas nampak tergambar betapa lalainya seseorang tentang bagaimana seharusnya berkendara. Mereka tidak memperhatikan bahaya yang mengintai mereka apabila tidak memperhatikan faktor keamanan berkendara (safety riding). Dan dapat di simpulkan pula bahwa keamanan berkendara (safety riding) mempunyai 2 pokok yang harus di penuhi, yaitu sikap dalam berkendara dan kelengkapan kendaraan maupun pengendara.

Sikap dalam berkendara ini penting untuk diperhatikan, misalnya saja mentaati perturan lalu lintas, menghormati sesama pemakai jalan, santun dalam berkendara, sabar dan tidak ingin menang sendiri, hal ini bisa menekan resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas. Begitu pula sebaliknya, sikap yang kurang baik bisa menimbulkan resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas. Misalnya ngebut, melanggar rambu-rambu lalu lintas, membunyikan klakson semaunya, telfon/SMS sambil berkendara, ngobrol atau bercanda sambil berkendara, dan hal-hal lain yang sejenisnya. Hal-hal tersebut selain membahayakan diri sendiri juga bisa membahayakan bagi orang lain.

Kelengkapan dalam berkendara merupakan sesuatu yang mutlak, yang meliputi kelengkapan pada kendaraan maupun kelengkapan pada pengendara. Hal ini tidak lain demi menekan resiko kecelakaan maupun meningkatkan keamanan.

Kelengkapan pada kendaraan, misalnya: rem, spion, lampu sein, lampu malam maupun lampu kota, dan lain sebagainya. Sedangkan kelengkapan pada pengendara, misalnya: helm, jaket, sarung tangan, dan lainnya. Dan yang perlu di garisbawahi adalah, semua harus berfungsi dengan baik, sesuai dengan aturan dan standard mutu yang sudah ditetapkan.

Semoga kita menjadi pengendara yang bijak dengan memperhatikan keamanan berkendara (safety riding) dengan mengacu pada sikap yang baik pada saat berkendara, dan kelengkapan pada kendaraan kita maupun kelengkapan pada diri kita saat berkendara.

Komentar»

1. miss darjeeling - 17 Januari 2011

tulisan untuk kontes ya? semoga menang ya 🙂
orang Indonesia memang kadang susah diatur, sudah banyak larangan untuk tidak memakai hape saat mengendarai tetap saja banyak yang melanggar. jadi bagaimanapun tetep harus dimulaidari diri sendiri untuk berdisiplin memetuhi peraturan dan teliti sebelum berpergian.
salam kenal ya 🙂

Brotoadmojo - 17 Januari 2011

terimakasih… padahal sudah banyak tulisan semoga selamat sampai di tempat.. kalau sudah ngeyel ya resiko sendiri 😀

2. m_thohir - 17 Januari 2011

setuju! siapa sih yg gak ingin selamat di jalan? jd, ayo dukung safety riding!
o ya, silahkan kunjungi pula postingan sy ttg ESQ for Safety Riding, di:
http://jimat.blogdetik.com/2011/01/10/esq-tips-for-safety-riding/
ditunggu komentarnya.
salam erat dblogger!

Brotoadmojo - 17 Januari 2011

terimakasih kunjungannya, Pak.
semoga sukses… 🙂

3. Budi - 18 Januari 2011

Bagus postingannya, itu foto-foto nya hasil jepretan sendirinya?
Semoga sukses di lomba blog, aku juga ikutan blog safety riding juga di: http://lovejember2011.blogdetik.com/safety-riding-dari-paksaan-menjadi-kebiasaan-akhirnya-menjadi-kebutuhan/

Semoga sukses.

Brotoadmojo - 20 Januari 2011

terimakasih, ini foto sendiri kok. semoga sukses juga buat Anda… 🙂

4. Sugeng - 18 Januari 2011

Masalah safety riding memang tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Sukses untuk safety riding dan jadikan diri kita sebagai duta safety riding di jalan 😆
Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Brotoadmojo - 19 Januari 2011

terimakasih Pak, semoga sukses…
Salam hangat serta jabat erat dari Slawi

5. Tweets that mention Safety Riding: Cara Bijak Menyayangi Diri Anda: -- Topsy.com - 19 Januari 2011

[…] This post was mentioned on Twitter by Dream House. Dream House said: RT @sukadist: Safety Riding: Cara Bijak Menyayangi Diri Anda: http://wp.me/pXY60-bt […]

6. Winny - 19 Januari 2011

Wah motor sahabat saya kalo kemana-mana mas, memang benar demi keselamatan, kelengkapan harus diperhatikan,termasuk kelengkapan surat2 juga 🙂

Brotoadmojo - 20 Januari 2011

sama Mbak motor itu sahabat setia saya juga.. 🙂
yg penting lengkap dan hati2…
trimakasih 🙂

7. wiangga0409 - 19 Januari 2011

safety life 🙂

kita mesti bertindak hati2 dalam setiap langkah kita. agar selamat dunia akhirat. amiin.

cheers. 🙂

Brotoadmojo - 20 Januari 2011

siiip mbak, setuju 🙂

8. Mila - 19 Januari 2011

Bekunjung 🙂

maaf baru sempat mampir

Brotoadmojo - 20 Januari 2011

terimakasih kunjungannya mbak 🙂

9. Lucky dc - 21 Januari 2011

Safety emang hal yang harus diperhatikan nih, apalagi di Indonesia kayanya aspek safety masih dikesampingkan.. Mungkin yang cocok bagi Indonesia “Money first, Safety Later” hehehe 😆

Brotoadmojo - 3 Februari 2011

bisa juga demikian, Mas.. 🙂

10. Daplun - 27 Januari 2011

saLam kenal, kunjungan perdana, beLum bisa berkomentar banyak 😀

Brotoadmojo - 3 Februari 2011

salam kenal, trimakasih kunjungannya.. 🙂

11. fitr4y - 28 Januari 2011

pagi menjelang siang, hati2 dalam perjalanan selamat sampai tujuan …

heheheee salam 🙂

Brotoadmojo - 3 Februari 2011

terimakasih.. 🙂

12. Nyenengke - 1 Februari 2011

Keselamatan itu perlu diprioritaskan, nggak perlu sok gaul tapi malah membahayakan diri sendiri… 🙂
Trims

Brotoadmojo - 3 Februari 2011

siipp… setuju.. 🙂

13. Ngintipz - 8 Maret 2011

harus hati-hati, nggak boleh mengabaikan keselamatan 🙂

Brotoadmojo - 15 Maret 2011

siip…. siap.. 😀


Tinggalkan komentar