jump to navigation

Sandal Japit, Sendal Jepit, Sandal Jepit, Atau… ? 30 Mei 2012

Posted by Brotoadmojo in Cerita.
Tags: , , , , ,
trackback

Sandal JepitSampai saat ini saya masih bingung untuk menyebut kata baku untuk alas kaki ini. Ada yang menyebut/menulis dengan sandal japit, sendal jepit, sandal jepit, sendal japit, dan lainnya. Malahan, kalau dalam keseharian kadang malah ada yang menyebut dengan srandal japit.

Tidak penting?, mungkin, tapi saat dihadapkan pada pertanyaan tentang kata baku penyebutan nama alas kaki ini, mungkin akan menjadi sesuatu yang penting.

Setelah mencari referensi dari google, ada rekomendasi untuk mencari tahu di wikipedia. Berikut saya kutipkan dari wikipedia:

Sandal jepit atau sandal Jepang adalah sandal berwarna-warni dari karet atau karet sintetis. Tali sandal berbentuk huruf “v” menghubungkan bagian depan dan bagian belakang sandal. Bagian bawah sandal umumnya rata (tidak memiliki hak), sedangkan bagian atas sandal tidak memiliki penutup.

Sandal jepit dipakai dengan meletakkan poros bagian depan tali sandal di antara ibu jari dan telunjuk kaki, sehingga tidak terlepas sewaktu dipakai berjalan. Selain dipakai di dalam ruang atau kamar mandi, sandal jepit digunakan di luar rumah pada kesempatan tidak resmi, dan kegiatan rekreasi seperti di pantai atau kolam renang.

Sandal jepit juga disebut sandal swallow. Nama tersebut berasal dari salah satu merek sandal jepit. Havaianas adalah merek sandal jepit eksklusif dari Brazil. Perusahaan ini memulainya pada tahun 1962 dengan memproduksi sandal mirip zōri, namun dibuat dari karet.

Nah, kalau kita baca berdasar kutipan diatas, mungkin akan lebih pas kalau penulisan atau penyebutan alas kaki ini dengan Sandal Jepit, demikian?, mungkin jawabannya YA kalau mengacu pada tulisan diatas. Demikian?, atau Anda punya pendapat lain?.

Komentar»

1. maziyank - 4 Juni 2012

yang saya tau yang benar adalah sandal jepit mas…

2. Tips Jangan Buang Sandal Jepit Yang Putus | Artikel Saku - 23 Februari 2013

[…] (sumber 1) […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: