jump to navigation

Anak TK dan Pancasila 23 Oktober 2010

Posted by Brotoadmojo in Cerita, Indonesia, Inermezzo.
Tags: , , , , ,
trackback

Kemarin pagi (jum’at 22/10/10) dari dalam rumah, saya mendengar sayup-sayup suara anak-anak kecil begitu kompak. Hmmm…. pasti mereka adalah anak TK yang sedang jalan-jalan. Dengan di pandu guru mereka melafalkan Pancasila, dengan lantangnya mereka meneriakkan ke lima sila tersebut:

Pancasila:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

3. Pesatuan Indonesia

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijasanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Setelah selesai menyuarakan ke lima sila dalam Pancasila, kemudian dengan kompaknya mereka menyanyikan lagu Garuda Pancasila:

Garuda pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu
Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju

Berulang anak-anak itu melafalkan Pancasila dan menyanyikan lagu Garuda Pancasila, entah berapa kali mereka mengulang-ulang, setelah beberapa kali saya dengar kemudian suara anak-anak itu sayup-sayup dan menghilang.

Sungguh kreatif guru yang mendampingi mereka, kegiatan jalan-jalan pagi sambil belajar menghapalkan dan menghayati Pancasila. Entahlah, apakah masih relevan Pancasila untuk saat ini, karena dalam realisasinya kelima sila tersebut masih jauh dari harapan. Mungkin saja dan semoga kelak anak-anak itu akan mengalami masa dimana ke lima Pancasila tersebut dapat teraplikasikan nyata. Jalan Kita Masih Panjang………

 

Komentar»

1. ysalma - 23 Oktober 2010

hmm,, pemahaman tentang bernegara yang baik sudah dicoba tanamkan oleh guru-guru TK sama anak didiknya,, semoga nanti ada hasilnya..

Brotoadmojo - 23 Oktober 2010

semoga saja mbak…….πŸ™‚

2. munir ardi WP - 23 Oktober 2010

sebuah hal yang baik memakai metode pembiasaan pada anak sejak kecil untuk menghafal yang baik mungkin setelah dihafal bisa dibiasakan pula mengamalkan isinya

Brotoadmojo - 23 Oktober 2010

perlu kretivitas dari guru agar supaya murid-murid lebih mudah dalam memahami kandungan dalam sila pancasila maupun dari lirik lagu garuda pancasila…πŸ™‚
terimakasih

3. Ahli-Komputer.com - 23 Oktober 2010

Benar, generasi penerus kita semoga bisa mengamalkan sila ke 5.

Brotoadmojo - 24 Oktober 2010

amin……..
terimakasihπŸ™‚

4. Aly - 23 Oktober 2010

kalau Undang-Undang Dasar 1945 dan pasal-pasalnya ada yang hafal ga ya setelah dirubah sampe 4 kali….

Brotoadmojo - 24 Oktober 2010

yang merubah saja belum karuan hafal kok Mas, apalagi kita…πŸ˜€

5. Edi Psw - 23 Oktober 2010

Betul, susah banget mencari keadilan saat ini.

Brotoadmojo - 24 Oktober 2010

karena memang disembunyikan Pak..πŸ˜€
terimakasih

6. Sugeng - 24 Oktober 2010

Melihat anak TK dengan fasih dan lancar membaca sila-sila dari pancasila itu koq beda banget dengan yang dibaca oleh ketua MPR kemarin ya❓ jadi belepotan gak karuanπŸ˜†
Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Tari-ssi - 24 Oktober 2010

heheheh usia juga mempengaruhi mungkin pakπŸ™‚
maklum udah veteran wkwkwkwkwk

Brotoadmojo - 24 Oktober 2010

selain usia mungkin juga masalah penting tidaknya Pancasila untuk di hafalkan…πŸ˜€

Brotoadmojo - 24 Oktober 2010

karena mereka banyak uang, jadi ‘agak lupa’ Pak..πŸ™‚

7. Duniaku Disini - 24 Oktober 2010

Seharusnya memang anak2 sedini mungkin diberikan pondasi yang kuat tentang pemahaman dasar negara yang baik karena faktanya di lapangan sekarang ini begitu banyak orang2 yang tidak hafal lagi dengan lagu2 kebangsaan.

Brotoadmojo - 24 Oktober 2010

setuju Mas, bukan hanya dihafalkan tapi juga di amalkan…πŸ™‚

8. adin - 24 Oktober 2010

kalo sekarang aplikasinya belum jelas, semoga mereka kelak yang dapat mempertegas dan menegakkan Pancasila itu

Brotoadmojo - 24 Oktober 2010

amin…. semoga saja Mas…πŸ™‚

9. Oyen - 24 Oktober 2010

xixixixi…

Oyen malah udah lupa sila dan butir pancasila, padahal SD ngelotokπŸ˜€

Brotoadmojo - 24 Oktober 2010

yang penting dulu pernah ingat mbak..πŸ™‚

10. icad - 24 Oktober 2010

saya juga berharap mereka menjadi yang di masa mendatang

Brotoadmojo - 24 Oktober 2010

semoga saja demikian..πŸ™‚

11. bolang - 24 Oktober 2010

kalo kecil udah didik bagus, maka besar juga harusnya bagus n semoga itu menjadi bagus selalu

Brotoadmojo - 24 Oktober 2010

semoga saja demikian, jadi orang baik yang konsistenπŸ™‚

12. BULETIN - 24 Oktober 2010

Semoga saja setelah besar tdk cman hafal tok. Tapi juga mengamalkannya!

Brotoadmojo - 24 Oktober 2010

amin…. semoga saja demikian..πŸ™‚

13. daeng rompa - 24 Oktober 2010

wakil rakyat dan pemimpin bangsa kita mungkin setara dgn anak TK soal menghafal dan belum mengaplikasikan??? Saya juga tentunya.

Brotoadmojo - 24 Oktober 2010

Sama juga dengan saya…πŸ˜€

14. fitr4y - 24 Oktober 2010

Awal yang bagus, penerus bangsa kita …

Brotoadmojo - 24 Oktober 2010

semoga menjadi awal yang indah….πŸ˜€
*jadi ingat lagu

15. Julina Purwaningsih - 24 Oktober 2010

TK-PT udah pada dapet pelajaran Kewarganegaraan.. Tapi penerapannya kyknya masih belom yak.. salah guru mengajar atau murid yang ga mendengarkan.. hahaha.. lieur..:mrgreen:

Brotoadmojo - 24 Oktober 2010

yang pasti bukan salah bunda mengandung mbak…πŸ˜€

16. Denuzz BURUNG HANTU - 24 Oktober 2010

mudah-mudahan pas besar tadi masih hapal dan diterapkan tuh nilai-nilai pancasilanya … hehe

Semoga persahabatan kita tiada lekang oleh waktu dan tiada terbatas oleh ruang

Brotoadmojo - 24 Oktober 2010

amin…… semoga…..

terimakasih

17. Masbro - 25 Oktober 2010

Ada juga kan, wakil rakyat yang nggak hapal Pancasila. Wow, kalah sama anak TK berarti; Salam hangat;

Brotoadmojo - 25 Oktober 2010

kelihatannya sih ada, mungkin banyak juga lho yang nggak hafal…πŸ˜€

18. kyaine - 25 Oktober 2010

xixixi.. saya lagi membaca dan menuliskan kembali 36 butir pengamalan pancasila. dulu hapal di luar kepala, soalnya sering keluar di soal2 pmp

Brotoadmojo - 25 Oktober 2010

siiip Pak Kyai, biar nanti saya bisa ikut mengahpalkan kembali, maklum sudah banyak yang terlupakan…πŸ™‚
terimakasih

19. ●●●ЄЯШЇЙ●●● - 26 Oktober 2010

semoga…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: