jump to navigation

Ingin Tahu Peta Gempa 16 Juli 2010

Posted by Brotoadmojo in Ngudarasa.
Tags: , ,
trackback

Penasaran juga rasanya setelah baca berita di yahoo tentang peta gempa Indonesia yang katanya sudah selesai dibuat. Peta ini telah ditanda tangani sama Pak Menteri PU pada tanggal 1 juli kemarin, berarti sekarang sudah berlaku, peta ini dinamai Probabilistic Seismic Hazard Analysis (PSHA) MapProbabilistic Seismic Hazard Analysis (PSHA) Map. Buat yang kepingin baca selengkapnya bisa langsung kesini.

Ah, Ingat gempa jadi terkenang kembali peristiwa gempa 4 tahun yang lalu, dimana aku benar-benar mengalaminya. Sekarang yang jadi pertanyaanku adalah, seandainya peta gempa ini di publikasikan, dampaknya ke masyarakat kira-kira positif atau negatif ya?. Misalkan saja daerah yang diperkirakan akan terjadi gempa tentunya orang-orang yang tinggal disitu jadi was-was, rasa takut pasti ada, apalagi kalau misalnya nanti di peta terdapat wilayah yang pernah mengalami gempa (seperti Jateng & DIY), tentunya bakalan bikin resah.

Tapi sudahlah, itu cuma peta, sebuah gambaran yang dibuat oleh manusia. Semoga saja dengan adanya peta gempa ini nantinya akan memberi dampak yang positif, karena trauma korban gempa sampai sekarang belum hilang. Contohnya saja saya, kalau ada gempa dengan skala kecil saja saya begitu panik..huh…😦

Semoga saja tidak terjadi lagi bencana di negeri ini, kalaupun harus ada, semoga jangan sampai menimbulkan korban. Cukuplah kita berdo’a, menunggu hasil Peta Gempa Indonesia, kira-kira percaya tidak ya sama yang nanti di gambarkan?🙂

~ hanya sebuah tulisan. ingat peta jadi ingat Dora😀 . terimakasih ~

Komentar»

1. wiangga0409 - 16 Juli 2010

gkgkgk… IM THE MAP😀 ya dora. semoga tempat tinggal saya tidak ditandai di peta itu🙂

Brotoadmojo - 16 Juli 2010

amin… semoga gambarnya kosong, tidak ada yang ditandai seluruh wilayah di indonesia..🙂

2. bundadontworry - 16 Juli 2010

ambil positifnya saja ,Mas.
dgn pemetaan gempa ini, mungkin penduduk didaerah tsb jadi bisa lebih waspada, berikut tim SAR nya,insyaallah.
Semoga tdk ada lagi gempa yg meresahkan seluruh masyarakat ya Mas ,amin
salam

Brotoadmojo - 16 Juli 2010

bener Bunda, semoga semua baik-baik saja…amin
terimakasih Bunda…🙂

3. Adi - 16 Juli 2010

Jangan sampai kena gempa lagi.XO benar2 kekuatan alam dasyat. ,

Brotoadmojo - 16 Juli 2010

iya mas, sampai sekarang saya masih ingat terus peristiwa itu…😦

4. fitr4y - 16 Juli 2010

jadi ingat kejadian gempa dipadang oktobr 09 kemaren,,
aku ikut merasakan getaran’a, padahal aku berada dikabupaten lain..

Brotoadmojo - 16 Juli 2010

kalau aku malah ditempat kejadian… tahu bagaimana rumah bergoyang begitu hebat…😦

5. amaliaroseluna - 17 Juli 2010

bicara tentang trauma, ya memang sebagian masyarakat yang terkena gempa bisa mengalami post traumatic stress disorder. mudah-mudahan peta tersebut bisa menjadi salahsatu upaya preventif dari pemerintah untuk mengurangi kepanikan saat gempa,.
^.^

Brotoadmojo - 17 Juli 2010

amin… (dilihat dari sudut pandang psikologis berati ga masalah ya mbak?🙂 )

6. wildanr - 17 Juli 2010

Yang pasti bakalan merasakan dampaknya adalah pelaku bisnis properti. Tanah dan bagunan di wilayah yang rawan gempa mungkin akan turun nilainya. Sebaliknya, tanah di wilayah yang relatif bebas gempa akan naik nilainya atau bahkan diiklankan😀

Brotoadmojo - 17 Juli 2010

wah…analisanya bener sekali…🙂

7. krupukcair - 17 Juli 2010

numpang baca-baca mas, sekalian kunjungan balik kilat🙂🙂🙂

Brotoadmojo - 17 Juli 2010

terimakasih kunjungannya🙂

8. z4nx - 17 Juli 2010

kalo di lihat orang yang ngalamin, mungkin jadi ketakutan..

Brotoadmojo - 17 Juli 2010

iya, saya masih sedikit takut…😦

9. Vulkanis - 17 Juli 2010

Makasih info peta gempanya…
Dan laporan link sudah terpasang ,makasih

Brotoadmojo - 17 Juli 2010

sama2 mas…🙂

10. helidda - 17 Juli 2010

wah klo aku dipadang udah langganan mas dgn yg namanya gempa, apalg klo cm gempa yg sebentar2 srg banget..makanya udah agak sedikit kebal..tp mudah2an gak lah, semoga indonesia selalu aman ..:)

Brotoadmojo - 17 Juli 2010

amin… kalau dulu hampir sebulan kami tidak berani tidur didalam rumah waktu pasca gempa di klaten😀

11. Catatan Sederhana - 18 Juli 2010

surabaya maasuk nggak ya mas,mudah-mudahan nggak ya😀

salam persahabatan ,-

Brotoadmojo - 18 Juli 2010

saya juga masih penasaran nih mas, mudah2an tidak ada..🙂
terimakasih

12. bintang - 18 Juli 2010

ikutan inget sama dora.
syapa tu nama monyetnya ??
luppa😆

Brotoadmojo - 18 Juli 2010

halah….pura2 lupa ya? apa karena kemarin baru …😀

13. nurrahman - 19 Juli 2010

betul, peta hanya ‘prediksi’ manusia yg minim variabel daripada kuasa Tuhan😀

Brotoadmojo - 19 Juli 2010

setuju mas…🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: